Honda

Personel TMMD Buat Saluran Sanitasi Lingkungan

Personel TMMD Buat Saluran Sanitasi Lingkungan

Personel TMMD sedang menyelesaikan pembuatan saluran sanitasi, Selasa 8 November 2022.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Walaupun secara keseluruhan bangunan fasilitas umum (Fasum) mandi, cuci dan kakus (MCK) telah kelar 100 persen. 

Namun untuk mendukung kesehatan dan kebersihan, maka personel TMMD pun membangun saluran sanitasi pembuangan yang ramah lingkungan.

"Betul, saluran pembuangan air selepas mandi, cuci dan buang air kecil telah dibuatkan sedemikian rupa, sehingga lingkungan sekitar menjadi sehat dan bersih," ucap Danpok MCK, Serda Ahyar, Selasa 8 November 2022.

Serda Ahyar menerangkan, saluran sanitasi ini begitu vital sekali untuk bangunan MCK, sebagai pendukung dalam membuat kawasan tidak berbau.

BACA JUGA:Tanaman Hias Ditanam Semakin Percantik Perkarangan MCK

"Begitu juga, dengan air bersih bersumber dari sumur bor pun dibuatkan pengamannya, sehingga tidak dirusak oleh oknum tidak bertanggung jawab maupun hewan yang berkeliaran," pungkasnya.

Berita Terkait, Setelah mengejar target harus rampung sebelum kegiatan upacara penutupan TMMD ke 115, Kodim 0405/Lahat. 

Akhirnya pengerjaan fisik pos keamanan lingkungan (Poskamling) kelar juga, dan tampak personel bersama warga Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang bisa tertawa lepas bahkan bercanda.

"Alhamdulillah, kami bisa tersenyum dan bercanda juga, karena sesuai arahan, Rabu 9 November 2022, batas akhir seluruh infrastruktur tidak ada yang bekerja lagi," ungkap Danpok Plat duiker dan Poskamling, Serda Saragih, Selasa 8 November 2022.

Serda Saragih mengemukakan, untuk itulah mengingat sekaligus menginstruksikan kepada mereka, sebelum sore hari seluruhnya benar-benar tidak ada lagi yang ketinggalan.

"Dan sesuai harapan, mereka secara bergotong royong ada yang membersihkan sisa-sisa pekerjaan, dan ada pula meneruskan item pembangunan," sebutnya.

BACA JUGA:Dua Warga Pagarbatu Duduk Santai Depan Poskamling TMMD

Dirinya berharap, sarana poskamling ini jangan hanya sebatas bangunan semata, akan tetapi, dimanfaatkan sesuai peruntukannya.

"Buat aman, nyaman serta tertib desa ini, sebab itu semua memang dibangun demi kepentingan masyarakat," tegas Serda Saragih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com