Honda

Kisah Sahabat Nabi, Nuaiman Masuk Surga Karena Bikin Tertawa, Kok Bisa?

Kisah Sahabat Nabi, Nuaiman Masuk Surga Karena Bikin Tertawa, Kok Bisa?

Kisah Sahabat Nabi, Nuaiman Masuk Surga Karena Bikin Tertawa, Kok Bisa?-Sumber: Hidayah Ilahi Official-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Nuaiman sahabat Nabi yang dikenal jahil dan jenaka masuk Surga karena selalu bikin tertawa.

Dilansir dari berbagai sumber diceritakan dalam sebuah kisah bahwa Nuaiman salah satu sahabat nabi yang sering melucu.

Sehingga sering membuat Rasullullah tertawa sampai kelihatan gigi gerahamnya, dengan tingkahnya begitu membuat sahabat Rasulullah ini berhasil masuk surga.

Banyak sekali Cerita kisah Sahabat Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, bernama Nuaiman ini yang sering menjahili para sahabat lainnya.

BACA JUGA:SNACK FAIR! Katalog Promo Alfamart Hingga 15 Juli 2023, Beli Cemilan Harga Hemat!

Diantaranya beberapa kisah Nuaiman yang lucu, pertama yang berjudul Nuaiman menjual sahabatnya sendiri, Nuaiman memberikan hadiah kepada Rasulullah, dan Nuaiman menyembelih Unta milik tamu Rasulullah Saw.

Ceritanya bermula ketika Rasulullah kedatangan Tamu dari berbagai Negara yang sengaja datang untuk berdiskusi tentang Islam.

Para tamu datang dari berbagai Negara itu mengendarai kendaraan yang mahal dan mewah pada zamn itu. Kendaraan nya itu ialah Unta yang besar dan gemuk.

Unta-unta yang dibawah oleh tamu Rasulullah itu di tambatkan di depan tempat kediaman Rasulullah shalallahu alaihi wasallam.

BACA JUGA:Katalog Promo Indomaret Hingga 15 Juli 2023, Minyak Goreng Merek Barco Hanya Rp26.500

Di dekat tempat kediaman Rasulullah itu ada beberapa sahabat Nabi yang sedang bertugas menjaga unta para tamu Rasulullah itu.

Diantaranya sahabat nabi yang menjaga unta tersebut ialah Pamannya Rasulullah. Yakni Hamzah bin Abdul Muthalib.

Saat itu Nuaiman sedang berjalan melewati tempat kediaman Rasulullah dan Hamzah melihatnya.

Kemudian Hamzah menegur Nuaiman yang sedang berjalan ' Yaa Nuaiman, Mau kemana kamu? Kemarilah, ada hal yang ingin aku bicarakan bersamamu.' kata Hamzah

BACA JUGA:KISAH SAHABAT NABI: Zaid bin Haritsah, Satu-satunya Sahabat Nabi yang Disebut dalam Al-Qur’an

Kemudian Nuaiman menghampiri H Famzah yang memanggilnya, sembari meberi setangkai Kurma kepada Hamzah.

Hamzah berkata lagi kepada Nuaiman 'bagiku lebih enak daging unta daripada Kurma ini. dan bukankah kita sudah sangat lama tidak makan daging unta' tanya Hamzah.

Mendengar ucapan Hamzah,Mata Nuaiman langsung saja tertuju kepada unta yang di ikat di sekitar kediaman Rasulullah merupakan milik tamu beliau.

Nuaiman bertanya kepada Hamzah 'Untuk siapa Unta itu?' 'Unta itu milik tamu Rasulullah' Jawab Hamzah.

BACA JUGA:KISAH SAHABAT NABI: Nu'aiman, Sahabat Unik yang Selalu Bikin Nabi Tersenyum

Kemudian Nuaiman pergi begitu saja, didalm hatinya membenarkan bahwa telah lama kalau tidak memakan dingin Unta yang lezat.

Tanpa berpikir panjang Nuaiman langsung menyembelih Unta milik tamu Rasulullah. Dan dia kembali duduk di dekat para sahabat seperti biasa.

Nuaiman berkata kepada para sahabat yang lagi duduk bersamanya, 'Apakah masih ada di antara kalian yang ingin makan daging Unta? sembari tangannya menunjuk Unta yang telah tergeletak di sembelih nya.

Pertamanya para sahabat bingung mendengar ucapan Nuaiman tersebut, tapi setelah melihat Unta yang telah tergeletak dan bersimpuh darah para sahabat kaget dan bingung dengan apa yang telah terjadi.

BACA JUGA:Ali Bin Abi Thalib, Sahabat Nabi yang Cerdas dan Pemberani

Tak lama dari itu diantara tamu Rasulullah ada yang keluar, dia terkejut melihat salah satu Untanya telah di sembelih.

Tamu tersebut kembali masuk ke dalam rumah dan kembali bersama Rasulullah shalallahu alaihi wasallam.

Ketika Rasulullah keluar para sahabat menyampaikan kepada Rasulullah.

'Yaa Rasulullah ini semua ulahnya Nuaiman'.

BACA JUGA:KISAH SAHABAT NABI: Khalid bin Walid, Panglima Perang yang Gagah Berani

Kemudian Rasulullah memerintahkan beberapa sahabat untuk mengganti Unta yang telah di sembelih Nuaiman itu Dua kali lipat dan lebih Bagus.

Nuaiman sadar kalau apa yang telah dia lakukan akan di marahi oleh Rasulullah. Sehingga Nuaiman lari dan bersembunyi ke luar perbatasan Kota Madinah.

Sesampai nya di perbatasan Kota Madinah, Nuaiman melihat seorang sahabat Rasulullah Saw bernama Al-Miqdat yang sedang membersihkan Sumur Rumahnya.

Nuaiman menghampiri s UUahabat yang sedang membersihkan sumur rumahnya itu, Nuaiman Berkata 'Bolehka masuk kedalam sumurmu Ini?' al-Miqdad bertanya kepada Nuaiman 'Sebenarnya sedang terjadi apa sehingga engkau ingin masuk kedalam sumur ini, seolah-olah hendak bersembunyi?' tanya al-Miqdad

BACA JUGA:Tahukah Kamu! 5 Sahabat Nabi Ini Tergolong Miliarder, Sumbang Ribuan Dinar Saat Perang Tabuk

Nuaiman menceritakan kepada al-Miqdad apa alasannya ingin bersembunyi di sumurnya dengan Jujur.

Al-Miqdad pun mengizinkannya. sebelum masuk ke dalam sumur, Nuaiman memohon kepada al-Miqdad untuk tidak memberitahu siapapun tempat dia bersembunyi termasuk Rasulullah.

Nuaiman langsung masuk kedalam sumur milik al-Miqdad yang baru saja dia bersihkan.

Tak lama dari itu Rasulullah dan beberapa para sahabatnya datang dan bertanya kepada al-Miqdada, Rasulullah menanyakan kepada al-Miqdada dimana keberadaan Nuaiman.

BACA JUGA:CERITA SAHABAT NABI! Sa'ad bin Abi Waqqash, Pemanah Ulung yang Sebarkan Islam ke Negeri Tirai Bambu

Al-Miqdad bingung dan gugup untuk menjawab pertanyaan Rasulullah. karena dia telah berjanji kepada Nuaiman untuk tidak memberitahu keberadaan Nuaiman.

Akan tetapi di satu sisi yang bertanya ini ialah Rasulullah.

Dengan gugup, al-Miqdad mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui keberadaan Nuaiman.

Namun tangan nya menunjuk ke arah sumur tempat Nuaiman bersembunyi, yang tertutup oleh Delapan pelepah daun Kurma.

BACA JUGA:Umar bin Khattab, Sahabat Nabi Yang Miliki Gelar Al Faruq

Kemudian Rasulullah langsung menghampiri sumur yang di tunjuk oleh al-Miqdad, akhirnya Nuaiman ditemukan oleh Rasulullah sendiri.

Rasulullah menyuruh Nuaiman keluar dari sumur itu, setelah Nuaiman keluar, wajah Nuaiman penuh dengan debu, lalu Rasulullah membersihkan wajah Nuaiman dengan tangan beliau.

Rasulullah tidak marah sama sekali kepada sahabtnya Nuaiman, sembari tersenyum Rasulullah membersihkan wajah Nuaiman.

Rasulullah bertanya kepada Nuaiman 'Kenapa engkau menyembelih unta milik tamu itu?' Nuaiman menjawab seolah tanpa dosa 'Yaa, Rasulullah. Jangan engkau tanyakan kepadaku tapj tanyakanlah kepada mereka yang ikut mencariku'

BACA JUGA:CERITA SAHABAT NABI! Kisah Lucu Nuaiman Sembelih Unta Milik Tamu Rasulullah SAW

Ketika Rasulullah menengok kepada para sahabat yang ikut mencari Nuaiman, seketika otu Nuaiman langsung melarikan diri lagi.

Ketika Rasulullah melihat Nuaiman telah melarikan diri lagi, Rasulullah Saw dan para sahabat hanya tersenyum-senyum saja melihat tingkah lakunya Nuaiman.

Itulah salah satu cerita Nuaiman yang Jahil dan Lucu sehingga di bisa membuat para sahabat tertawa dan tersenyum bersama Rasulullah Saw.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: