Honda

Rawan Banjir dan Longsor, Warga Patikal Lama Harapkan TPT, Ini Jawaban Bupati Lahat

Rawan Banjir dan Longsor, Warga Patikal Lama Harapkan TPT, Ini Jawaban Bupati Lahat

Bupati Lahat, Cik Ujang SH dan Kades Patikal Lama, Sinarudin sedang berbincang, belum lama ini.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Saat musim hujan, debit air sungai Kikim di Desa Patikal Lama Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat besar mulai menggerus bibir sungai. 

Apalagi saat di lokasi tersebut ada pemukiman tinggal warga yang berjarak sekitar 10 meter.

Rasmawan tokoh masyarakat Desa Patikal Lama membenarkan, kekhwatiran bila tidak ditangani akan menggerus pemukiman. Untuk itu, pihak desa berharap agar adanya tembok penahan tanah (TPT).

"Paling tidak dibangunkan TPT, sehingga air dari aliran Sungai Kikim tidak terus menggerus, sejauh ini sudah sangat dekat dengan rumah penduduk," ungkapnya.

BACA JUGA:CATAT, Ini Menjadi Keluhan Warga Kabupaten Lahat Kepada PLN

Dirinya menambahkan, agar kiranya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, untuk bergerak cepat sebelum ada korban jiwa, mengingat jarak daratan yang tergerus sangat dekat sekali.

"Semoga Bupati Lahat, dapat memperhatikan hal serius ini, karena menyangkut nyawa seseorang," tegas Rasmawan.

Sementara itu, Bupati Lahat Cik Ujang, SH mengemukakan, pihaknya telah menurunkan tim untuk mengecek permasalahan tersebut.

"Nanti ada pihak PU yang akan melakukan pengecekan. Agar bisa dianggarkan ke depannya," sebutnya, Ahad 26 Februari 2023.

BACA JUGA:Emak-emak Pemilik KIS Cek Nama Disini! Bakal Ada 4 BLT Cair Jelang Ramadan 2023 Rp600.000

Lanjut dirinya, pihak juga akan mengaspal jalan desa di wilayah Kikim Timur Khususnya dari simpang Kalangan Desa Bungamas menuju Desa Cecar.

"Kami harap masyarakat sabar dan perbaikan jalan dari Desa Bungamas yang melewati Patikal Lama, Gedung Agung, Lubuk Tampang dan sampai ke  Cecar akan kita aspal ditahun 2023 ini" tegas Cik Ujang.

Ditambahkan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lahat, Mirza Azhari ST MT, Terkait pengaspalan jalan dari simpang Desa Bungamas menuju sampai Cecar akan dimulai akhir bulan April atau awal Bulan Mei 2023.

BACA JUGA:Harus Tahu! BLT Balita dan Sembako Rp1.150.000 Cair Jelang Ramadan 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: