Honda

Kodim 0406 Lubuklinggau Ubah Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif, Hasilnya Untuk Ketahanan Pangan Masyarakat

Kodim 0406 Lubuklinggau Ubah Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif, Hasilnya Untuk Ketahanan Pangan Masyarakat

Dandim 0406 Lubuklinggau, Letkol Inf Kunto Adi Setiawan--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Dandim 0406 Lubuklinggau, Letkol Inf Kunto Adi Setiawan mengungkapkan, dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional, pihaknya mengoptimalkan lahan tidur menjadi sistem pertanian terintegrasi.

Lahan tidur yang terletak di Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan, Kota Lubuklinggau diubah menjadi menjadi Integrated Farming Sistem (IFS). 

"Di mana kawasan yang tadinya hanya lahan tidur diubah menjadi lahan pertanian, peternakan dan perikanan menjadi satu, sehingga produktivitasnya bisa lebih optimal, jadi lahan tidur tadi menjadi lahan produktif," ujar Dandim 0406 Lubuklinggau, Letkol Inf Kunto Adi Setiawan didampingi Batih Ops Serka Addi Santoso, usai mengikuti acara Gerakan Nasional Ketahanan Pangan tahun 2023 dan HUT TNI ke-78, secara virtual dengan Wakil Presiden Ma'aruf Amin, dan Panglima TNI, di Bekasi, Rabu 1 November 2023.

Dijelaskannya, sistem pertanian terintegrasi memanfaat seluruh potensi yang ada, seperti limbah dari panen jagung digunakan sebagai pakan ternak dan ikan, dan limbah ternak dijadkikan pupuk pertanian, sehingga dapat menjadi contoh pemanfaatan lahan tidur oleh masyarakat.

BACA JUGA:Pemuda Tani OKI Dorong Minat Milenial Geluti Sektor Pertanian 

"Sistem pertanian IFS ini diharapkan dapat menjadi percontohan bagi masyarakat agar memanfaatkan lahan seoptimal mungkin, kita minta jangan ada lahan tidur, kalau ada lahan tidur bangunkan," katanya. 

Dandim mengatakan, keberadaan IFS di Kelurahan Rahma merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Kodim 0406 Lubuklinggau, Pemkot Lubuklinggau dan Polres Lubuklinggau serta instansi lainnya.

Dalam proses pengoptimalan lahan tidur tersebut, Dandim mengaku pihaknya dibantu oleh masyarakat setempat saat penanaman jagung, holtikultura, peternakan dan perikanan.

Kemudian dari hasil peternakan, ada produksi susu sapi dan susu kambing etawa, di mana hasil tersebut dibagi-bagikan kepada masyarakat kurang mampu, dan jadi prioritas untuk anak-anak stunting.

BACA JUGA:5 Pantai Terbaik Untuk Berselancar di Indonesia! Ombak Tertinggi di Dunia Ada di Sini, Tingginya Capai 7 Meter

"Perkebunan ada kepanjangannya yakni Kesejahteraan Masyarakat, hasilnya semua diperuntukkan kepada masyarakat, kita juga mengimbau  kepada semua masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang ada disekitar rumahnya agar tidak ada lahan tidur," pungkasnya. 

Sementara itu, dalam acara virtual tersebut selain jajaran Kodim 0406, acara juga dihadiri oleh PJ Walikota Lubuklinggau yang diwakili oleh Asisten I Kahlan, Kapolres Lubuklinggau diwakili Kabag Logistik M Ali.

Sedangkan 460 di lokasi/titik berbeda acara tersebut juga diikuti 460 Kodim seluruh Indonesia secara berbeda. Kodim 0406/Lubuklinggau sendiri mengikuti virtual dari area Kebun Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kita Lubuklinggau. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: