Citra Land Palembang

Dua Anggota Satpol PP Standy di Sekolah, Tugasnya Bantu Ketertiban

Dua Anggota Satpol PP Standy di Sekolah, Tugasnya Bantu Ketertiban

Kantor Satpol PP Muratara-Foto: hengki-Palpres.com

MURATARA, PALPRES.COM - Dua anggota Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Muratara ditempatkan alias standby di sekolah.

Tugasnya anggota ini untuk membantu sekolah dalam menjaga ketertiban, termasuk menertibkan siswa yang bolos sekolah.

"Ada penetapan dua personil di sekolah untuk membantu ketertiban di sekolah, mengurangi siswa bolos sekolah dan tawuran," kata Sekretaris Satpol PP Muratara, Sumedi.

Ia menjelaskan, sudah ada edaran ke sekolah untuk peraturan daerah (perda) nomor 14 tahun 2017 pasal 7 bagian ke dua ketertiban huruf j tentang tertib pendidikan.

BACA JUGA:Petugas Satpol PP Rutin Berinfak, Hasilnya Diserahkan ke Masjid Agung An-Nur

"Kita juga melakukan patroli rutin di sekolah, tempat umum. Menertibkan tujuan kita,"pungkasnya.

Di dalam PP Nomor 16 Tahun 2018 tentang Satuan Polisi Pamong Praja, anggota Satpol PP memiliki tugas dan fungsi sebagai penindak warga masyarakat, aparatur, atau badan hukum yang mengganggu ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat.

Namun begitu, Satpol PP juga harus memiliki sifat humanis serta memiliki public speaking yang baik.

Hal itu pula yang dilakukan Satpol PP Kabupaten Muba dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Publik Speaking di Auditorium Pemkab Muba, belum lama ini.

BACA JUGA:Dinsos dan Satpol PP Pagaralam Tertibkan Aksi Donasi Ilegal di Jalanan

Di era keterbukaan informasi publik saat ini, dituntut untuk dapat berbicara dan mengeluarkan pendapat di muka umum sangat terbuka lebar.

Namun belum tentu semua orang mampu berbicara dengan cara yang tepat, di waktu yang tepat dan pada orang yang tepat.

Dengan menguasai public speaking di harapkan dapat meningkatkan potensi diri anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Muba agar lebih profesional dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Muba,"ungkap Kasat Pol PP Muba Erdian Syahri SSos MSi.

Dikatakan Erdian, public speaking merupakan proses berbicara kepada masyarakat atau suatu organisasi yang tersusun dan terstruktur dengan baik. Sebagai bentuk komunikasi publik guna menyampaikan pesan atau informasi.

Sumber: