Honda

Mobil Listrik Diprediksi Kuasai Pasar Otomotif 2025, Solusi Harga BBM Naik, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Mobil Listrik Diprediksi Kuasai Pasar Otomotif 2025, Solusi Harga BBM Naik, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Mobil Listrik Diprediksi Kuasai Pasar Otomotif 2025 bahkan menjadi solusi harga BBM Naik. Lantas apa Kelebihan dan Kekurangannya?--volvo cars

PALEMBANG, PALPRES.COM – Pabrikan mobil raksasa saat ini mulai memproduksi secara besar-besaran kendaraan listrik di seluruh dunia. Mobil listrik ini juga menjadi solusi harga BBM naik.

Salah satunya Volvo Cars, pabrikan mobil asal Swedia ini mulai bertahap memproduksi mobil listrik dan mengurangi mobil konvensional berbahan bakar minyak (BBM).

“Mr Jim (CEO Volvo Cars, red) bilang bahwa kendaraan elektrik di 2025 menurut prediksi dia, penjualannya menanjak pesat, sekarang masih pelan pelan,” kata Jurnalis Otomotif Fitra Eri melansir dari Youtube @fitraeri pada tanggal 2 Desember 2023.

Dari prediksi itulah, Volvo sudah melakukan investasi sejak 4 tahun lalu mulai dari motor listrik, baterai hingga sistem elektrikal sehingga akan lebih canggih dari sisi teknologi.

BACA JUGA:Aturan Baru Pemerintah, Beli Gas Elpiji 3 Kg Wajib Pakai KTP, Pastikan Nama Anda Tercantum di P3KE

“Meskipun banyak perusahaan mobil baru, tapi Volvo tetap mendapat kepercayaan dari konsumennya Pada 2025 nanti, Volvo akan memproduksi 50 persen mobil hybrid dan tahun 2030 full elektrik yang mereka buat,” katanya.

Di dalam video lain, Fitra Eri menceritakan kelebihan dan kekurangan Hyundai Kona Electric yang dia pakai selama satu tahun.

Fitra mengaku perawatan mobil listrik lebih mudah serta biaya rendah dibanding mobil konvensional.

“Persiapan untuk membeli mobil listrik tentu saja harus disiapkan dana karena harganya sedikit lebih mahal. Mudah-mudahan dengan adanya insentif dari pemerintah, mobil listrik lebih murah,” kata Fitra.

Persiapan lain, konsumen mobil listrik juga harus menyiapkan listrik minimal 7.000 watt. Dengan daya tersebut, baterai mobil listrik bisa penuh dalam waktu sekitar 5,5 hingga 6 jam.

BACA JUGA:Bulan Ini Kepastian Nasib Facebook dan Instagram Donald Trump

“Kita bisa minta PLN untuk membuat sambungan baru khusus untuk AC Station Charging di rumah. Dengan harga Rp1.600/kwh bisa menempuh 9 kilometer (km),” jelasnya.

Namun demikian, dia mengaku selama satu tahun menggunakan mobil listrik yang dirasakan sangat praktis.

Pengguna mobil listrik tidak perlu mengantri membeli BBM di SPBU yang akan membuang waktu.

“Setelah beraktivitas, kita bisa langsung mengisi energi baterai di rumah. Untuk jarak tempuh 1.300 km hanya mengeluarkan biaya Rp250 ribu. Biaya ini lebih murah jika dibanding dengan mengisi bensin (pertamax, red) berkisar Rp12ribu/liter,” sebutnya.

BACA JUGA:Sekda Empat Lawang Ajak Kwarcab Pramuka Sukseskan 3 Agenda Besar Tahun 2023

Bahkan, sambungnya, pengguna mobil listrik juga mendapatkan pelayanan Emergency Electric. Seperti Hyundai, konsumen bisa menghubungi Emergency Electric untuk dilakukan pengisian baterai.

“Hanya dalam waktu 15 menit, mobil akan terisi 20 persen dan itu sudah cukup untuk sampai ke rumah. Hyundai juga memberikan garansi untuk baterai selama 8 tahun,” katanya.

Selain itu, fitur yang dimiliki mobil listrik khusunya Hyundai Kona Electric sangat lengkap baik dari multimedia maupun fitur lain yang ada di kabin mobil.

“Pajaknya pun murah, seperti Hyundai Kona Elektrik ini berkisar Rp700 juta dengan nilai pajak Rp2,9 juta/tahun,” ucap Fitra.

BACA JUGA:Usai Operasi Tangan Akibat Ledakan Petasan, Ini Kondisi Terkini Wabup Kaur

Dari banyaknya kelebihan tersebut, Fitra juga menceritakan kelemahan dari mobil listrik. Seperti suara ban yang terdengar hingga di kabin mobil suara mesin mobil yang halus.

“Begitu juga jika ingin keluar kota. Pengisian listrik lebih lama dibanding mengisi bensin. Kita berharap kedepan ada ketersediaan fast charging di tempat tertentu, salah satunya rest area. Saya juga menyarankan jika Anda membeli mobil listrik, pastikan ini mobil ke dua sehingga jika ingin bepergian jauh bisa menggunakan mobil lain yang menggunakan bensin,” sarannya.

Pada tahun 2022 lalu, Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan, Presiden Yoon Suk-yeol, menghasilkan sejumlah kesepakatan.

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi juga mendorong Korea Selatan untuk mempercepat ekosistem mobil listrik di Indonesia.

BACA JUGA:Bobol Rumah Fotografer, Seorang Mahasiswa Diamankan Satreskrim Polres Pagaralam

“Kita sambut baik tren perdagangan bilateral yang terus meningkat, kita sepakat untuk terus membuka akses pasar,” ucap Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pernyataan pers di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul, sepert yang dirilis melalui laman presidenri.go.id.

Presiden Jokowi juga mendorong implementasi konkret dari Indonesia-Korea Economic Partnership Agreement untuk mendorong pemenuhan berbagai target tersebut.

Di bidang investasi, Presiden Jokowi menyampaikan investasi Korea Selatan di Indonesia juga mengalami pertumbuhan pesat dan prospek yang baik khususnya di beberapa bidang termasuk industri baja, petrokimia, baterai kendaraan listrik industri kabel listrik dan telekomunikasi, serta garmen dan energi terbarukan.

“Dalam pertemuan dengan Presiden Yoon, secara khusus saya mendorong kerja sama investasi dari Korea terutama di bidang percepatan pembangunan ekosistem mobil listrik di Indonesia termasuk proyek industri baterai terintegrasi dengan pertambangan dan industri baja otomotif untuk kendaraan listrik,” kata Presiden Jokowi.

BACA JUGA:SMP Negeri 1 Lubuk Keliat Dibobol Maling, Polsek Tanjung Batu Langsung ke TKP

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyambut baik investasi Korea Selatan dalam pengembangan Ibu Kota Nusantara antara lain kerja sama di bidang pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum, dan capacity building di bidang pembangunan smart city.

“Saya menyambut baik penandatanganan MoU antara Kementerian Investasi dengan POSCO Korea dan Krakatau Steel Indonesia terkait investasi di bidang industri baja otomotif untuk kendaraan listrik dan partisipasi dalam pengembangan Ibu Kota Nusantara dengan nilai keseluruhan investasi mencapai USD6,37 Miliar dan akan menyerap lebih dari 58 ribu tenaga kerja” tutur Presiden Jokowi.

Di akhir pernyataannya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap dukungan Korea Selatan bagi Presidensi Indonesia di G20 dan menantikan kehadiran Presiden Yoon untuk hadir di Bali bulan November mendatang.

Sementara itu Presiden Yoon Suk-yeol dalam keterangannya menyampaikan, Korea berkomitmen untuk terus memperkuat kemitraan strategis dengan Indonesia sesuai dengan perkembangan dunia yang dinamis.

BACA JUGA:Ternyata ini Penyebab Rumah Dinas Bupati Musi Banyuasin Selalu Ramai Oleh Warga?

“Saya merasa kita punya banyak kesamaan, dan tahun depan kita menyambut 50 tahun hubungan Korea-Indonesia, saya berharap kerja sama dapat setahap lebih maju, dan saya berharap untuk lebih banyak bertemu dan berkomunikasi dengan bapak Presiden Joko Widodo,“ ungkap Presiden Yoon.

Hyundai Motor Group Kembangkan Mobil Listrik di Indonesia

Hyundai Motor Group berencana akan mengembangkan mobil listrik di Indonesia.

Usaha ini dilakukan untuk memperluas jaringan mobil listrik yang dinilai sebagai salah satu mendorong berkembangkan energi baru terbarukan.

BACA JUGA:Ridwan Mukti: Saya Dihukum Bukan Karena Salah

Rencana ini disapaikan Executive Chairman Hyundai Motor Group, Chung Eui-sun, saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo dalam lawatannya ke Korea Selatan di Lotte Hotel, Seoul.

Chung Eui-sun mengatakan, mereka akan melakukan ekspansi untuk mobil listrik serta penelitian dan pengembangannya di Indonesia.

“Bapak Presiden juga menerima khusus dari Hyundai, Chairman dari Hyundai, kebetulan tadi menyampaikan bahwa mereka akan melakukan ekspansi untuk mobil listrik dan RND-nya di Indonesia, ini masih dalam perencanaan,” ujar Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam keterangannya selepas mendampingi Presiden Jokowi seperti yang dikutip dari laman presidenri.go.id.

Selain itu, Menteri Investasi mengatakan bahwa Hyundai juga tertarik untuk turut mengambil bagian dalam investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

BACA JUGA:Walikota Pagaralam Lantik Pejabat Esselon II Dihari Pertama Kerja Tahun 2023

“(Hyundai) juga akan ikut mengambil bagian dalam investasi di IKN, ini sesuatu hal yang positif,” katanya.

BBM di Bawah RON 90 Resmi Dihapus Pemerintah

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menghapus 2 jenis bahan bakan minyak (BBM) pada tanggal 1 Januari 2023.

Aturan baru pemerintah ini mengacu kepada Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022.

BACA JUGA:Museum Subkoss Terima Hibah 3 Buku Kuno

Yakni terkait Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis BBM dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui SPBU dan atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Adapun ke 2 jenis BBM yang dihapus yakni BBM dengan nilai oktan (RON) di bawah 90, yakni Premium dan Revvo 89 yang diketahui memiliki RON 89.

Di dalam keputusan yang dikeluarkan Kementerian ESDM ini disebutkan bahwa standar dan mutu atau spesifikasi BBM jenis premium dengan RON 88 dinyatakan tidak berlaku terhitung 1 Januari 2023.

Sementara BBM dengan minimal RON 90 ini misalnya Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, dan lain-lain, tetap diperbolehkan untuk beredar.

BACA JUGA:Terugkap! Pelatih Al Nassr Inginkan Lionel Messi, Tapi yang Datang Cristiano Ronaldo

Alasan larangan tersebut BBM dengan RON minimal 90 justru lebih hemat dan lebih bagus untuk mesin kendaraan.

Info dilarangnya penjualan jenis BBM RON di bawah 90 itu sudah dikonfirmasi langsung oleh Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) bernama Saleh Abdurrahman belum lama ini.

"Mulai 2023 hanya RON 90 ke atas yang boleh beredar. Intinya itu, di bawah itu mau 87, 88, 89 itu sudah nggak bisa beredar," ujar Saleh Abdurrahman.

Jika dilihat dari aturan yang baru, BBM di bawah RON 90 dilarang penggunaannya lagi nantinya karena mempertimbangkan standar dan mutu (spesifikasi) BBM jenis bensin (Gasoline) RON 88 yang dipasarkan di dalam negeri.

BACA JUGA:Terugkap! Pelatih Al Nassr Inginkan Lionel Messi, Tapi yang Datang Cristiano Ronaldo

Dalam pasal 1, Diktum KESATU menyatakan adanya perubahan ketentuan yang aturannya tertulis sebagai berikut:

Mengutip dari JDIH Kementerian ESDM, KESATU:

a) Menetapkan formula harga dasar sebagai pedoman perhitungan harga jual eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang disalurkan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum dan/atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan di titik serah untuk setiap liter sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini.

b) Formula harga dasar untuk Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin {Gasoline) RON 89 sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini berlaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2022

BACA JUGA:PJ Sekda Musi Banyuasin Ikuti Rapat Koordinasi PPKM Secara Virtual

a) Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Minyak dan Gas Bumi wajib melaporkan penetapan harga jual eceran sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEDUA kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi setiap bulan dan/atau dalam hal terdapat perubahan dalam penetapan harga jual eceran.

b.) Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Minyak dan Gas Bumi wajib menerapkan harga jual eceran yang ditetapkan sebagaimana dimaksud dalam huruf a.

Pertamina Perkuat Pertashop

Keberadaan Pertalite memang didesain untuk menggantikan BBM jenis Premium yang resmi dihapus pada tanggal 1 Januari 2023.

BACA JUGA:Resep Kue Bikang Mawar , Selain Cantik Merekah Rasanya Dijamin Endulita

Untuk itulah, Pertamina akan terus memperkuat Pertashop untuk suplai BBM dan LPG di wilayah yang aksesnya sulit. Pertashop menjadi andalan Pertamina untuk mendistribusikan BBM ke wilayah perdesaan dan wilayah yang memiliki potensi bencana selama liburan Nataru 2023.

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina, Erry Widiastono Erry mengatakan kehadiran Pertashop akan memperkuat keandalan suplai dan ketersediaan BBM dan LPG di masyarakat, khususnya di jalur yang sulit akses ke SPBU.

"Saat ini, kalau kita lihat Pertashop itu menjadi salah satu, outlet yang memperkuat SPBU itu sendiri, jadi bersama dengan SPBU, Pertashop diharapkan bisa membantu keandalan suplai BBM di masyarakat," ujar Erry dalam keterangan persnya dilansir dari pertamina.com

Di kesempatan yang sama, SVP Logistics Integration & Optimization Pertamina Arief Kurnia Risdianto menyampaikan Satgas Nataru memastikan kelancaran distribusi BBM khususnya di wilayah dengan akses yang cukup sulit.

BACA JUGA:Ini 4 Daerah Terkaya di Provinsi Bangka Belitung

"Satgas Nataru 2023, memastikan kelancaran distribusi BBM hingga ke masyarakat, termasuk mereka yang memiliki akses yang cukup sulit. Kami memastikan bahwa seluruh stok di SPBU ataupun Pertashop mencukupi dan siap didistribusikan kepada masyarakat,” ujar Arief.

Ia memastikan seluruh Tim Satgas Nataru siap melayani kebutuhan BBM dan LPG masyarakat selama liburan tahun baru 2023.

Hingga saat ini di Pansela meliputi Kabupaten Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran terdapat 7 Pertashop, 11 SPBU dan 11 Agen LPG PSO.

Sementara di Area Retail Bandung terdapat 20 Motorist, 1 Modular, 8 SPBU Kantong, 53 SPBU Siaga dan 4 Supporting Outlet Pelumas.

BACA JUGA:Tanpa Tes Fisik, 5 Sekolah Kedinasan Ini Lulus Bisa Langsung Jadi PNS

Untuk Agen dan pangkalan siaga terdapat 386 Agen LPG PSO Siaga, 9.824 pangkalan LPG Siaga, 41 agen LPG non PSO Siaga, dan 3.162 Sub Agen LPG Non PSO Siaga.

Berikut update harga BBM 31 Desember 2022

Aceh

Solar Rp6.800

BACA JUGA:Sekolah Kebobolan Maling, Komite SMP Negeri 1 Lubuk Keliat Curhat di Medsos, Begini Isinya?

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp13.900

Pertamax Turbo Rp15.200

Dexlite Rp18.300

BACA JUGA:2 Bioskop Legendaris di Lahat, Nomor 2 Kini Jadi Hotel

Pertamina Dex Rp18.800

Free Trade Zone Sabang

Dexlite Rp 18.300

Sumatera Utara

BACA JUGA:Kota Lahat Bakal Disulap Seperti Yogyakarta, Satpol PP Terpaksa Lakukan Cara Ini ke PKL

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp14.200

Pertamax Turbo Rp15.500

BACA JUGA: 8 Cara Jitu Bedakan Antara Cobek Asli dan Palsu

Dexlite Rp18.650

Pertamina Dex Rp19.200

Sumatera Barat

Solar Rp6.800

BACA JUGA:Kabar Baik, Harga BBM Subsidi Bakal Turun Awal Tahun 2023, Ini Faktor Penyebabnya

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp14.200

Pertamax Turbo Rp15.500

Dexlite Rp18.650

BACA JUGA:Resmi, Brigjen Pol M Zulkarnain Jabat Wakapolda Sumsel

Pertamina Dex Rp19.200

Riau

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

BACA JUGA: Pemilik Kartu KIS Bisa Dapat Bansos Rp3 Juta dari PKH 2023, Segera Cek Namamu!

Pertamax Rp14.500

Pertamax Turbo Rp15.800

Dexlite Rp19.000

Pertamina Dex Rp19.600

BACA JUGA:Anti Ghosting! Saldo DANA Gratis Rp500 Ribu Langsung cair

Kepulauan Riau

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp14.500

BACA JUGA: Pencuri Pintu Air Irigasi Ditangkap Tim Macan Polres Lubuklinggau

Pertamax Turbo Rp15.800

Dexlite Rp19.000

Pertamina Dex Rp19.600

Free Trade Zone (FTZ)

BACA JUGA:Spesifikasi dan Harga HP Samsung Galaxy A73, Bodi Elegan, Keren Kameranya

Batam

Pertamax Rp 14.500

Pertamax Turbo Rp 15.800

Dexlite Rp 19.000

BACA JUGA:Oknum Anggota Satlantas yang Menghalangi Tugas Wartawan di Ogan Ilir Hanya Diberi Sanksi TIlang, Mirip SP1

Pertamina Dex Rp 19.600

Jambi

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

BACA JUGA:Apel Pertama 2023, Bupati Lahat Sampaikan Pesan Ini Kepada ASN

Pertamax Rp14.500

Pertamax Turbo Rp15.500

Dexlite Rp18.650

Pertamina Dex Rp19.200

BACA JUGA:UPDATE! Daftar Pinjol Resmi Terdaftar OJK Tahun 2023

Bengkulu

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp14.500

BACA JUGA:Apel Pertama 2023, Bupati Lahat Sampaikan Pesan Ini Kepada ASN

Pertamax Turbo Rp15.800

Dexlite Rp19.000

Pertamina Dex Rp19.600

Sumatera Selatan

BACA JUGA:Ternyata Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan, Berikut 5 Manfaatnya

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp14.200

Pertamax Turbo Rp15.500

BACA JUGA:Irjen Pol Rudi Pamitan ke Personel Polda Sumsel

Dexlite Rp18.650

Pertamina Dex Rp19.200

Bangka Belitung

Solar Rp6.800

BACA JUGA:Dibuka Lagi, Berikut Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Tahun 2023, Segera Siapkan Syaratnya

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp14.200

Pertamax Turbo Rp15.500

Dexlite Rp18.650

BACA JUGA:Ini Langkah Pemkot Pagaralam Tingkatkan Produktivitas Budidaya Ikan

Pertamina Dex Rp19.200

Lampung

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

BACA JUGA:Pimpin Apel Gabungan, Walikota Palembang Sampaikan Ini kepada Para Pegawai

Pertamax Rp14.200

Pertamax Turbo Rp15.500

Dexlite Rp18.650

Pertamina Dex Rp19.200

BACA JUGA:Bulan Ini Kepastian Nasib Facebook dan Instagram Donald Trump

DKI Jakarta

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp13.900

BACA JUGA:Bulan Ini Kepastian Nasib Facebook dan Instagram Donald Trump

Pertamax Turbo Rp15.200

Dexlite Rp18.300

Pertamina Dex Rp18.800

Banten

BACA JUGA:Sekda Empat Lawang Ajak Kwarcab Pramuka Sukseskan 3 Agenda Besar Tahun 2023

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp13.900

Pertamax Turbo Rp15.200

BACA JUGA:Usai Operasi Tangan Akibat Ledakan Petasan, Ini Kondisi Terkini Wabup Kaur

Dexlite Rp18.300

Pertamina Dex Rp18.800

Jawa Barat

Solar Rp6.800

BACA JUGA:Terbaru 2023! Saldo DANA Gratis Rp100 Ribu Langsung Cair, Temani Awal Tahun Kamu

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp13.900

Pertamax Turbo Rp15.200

Dexlite Rp18.300

BACA JUGA:Bobol Rumah Fotografer, Seorang Mahasiswa Diamankan Satreskrim Polres Pagaralam

Pertamina Dex Rp18.800

Jawa Tengah

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

BACA JUGA:SMP Negeri 1 Lubuk Keliat Dibobol Maling, Polsek Tanjung Batu Langsung ke TKP

Pertamax Rp13.900

Pertamax Turbo Rp15.200

Dexlite Rp18.300

Pertamina Dex Rp18.800

BACA JUGA:3 Games Ini Dapat Saldo DANA Gratis Rp60 ribu Setiap Hari

DI Yogyakarta

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp13.900

BACA JUGA:Ini Langkah Pemkot Pagaralam Tingkatkan Produktivitas Budidaya Ikan

Pertamax Turbo Rp15.200

Dexlite Rp18.300

Pertamina Dex Rp18.800

Jawa Timur

BACA JUGA:Pimpin Apel Gabungan, Walikota Palembang Sampaikan Ini kepada Para Pegawai

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp 13.900

Pertamax Turbo Rp15.200

BACA JUGA:Bulan Ini Kepastian Nasib Facebook dan Instagram Donald Trump

Dexlite Rp18.300

Pertamina Dex Rp18.800

Bali

Solar Rp6.800

BACA JUGA:Sekda Empat Lawang Ajak Kwarcab Pramuka Sukseskan 3 Agenda Besar Tahun 2023

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp 13.900

Pertamax Turbo Rp 15.200

Dexlite Rp 18.300

BACA JUGA:Usai Operasi Tangan Akibat Ledakan Petasan, Ini Kondisi Terkini Wabup Kaur

Pertamina Dex Rp 18.800

NTB

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

BACA JUGA:Bobol Rumah Fotografer, Seorang Mahasiswa Diamankan Satreskrim Polres Pagaralam

Pertamax Rp 13.900

Pertamax Turbo Rp 15.200

Dexlite Rp 18.300

Pertamina Dex Rp 18.800

BACA JUGA:SMP Negeri 1 Lubuk Keliat Dibobol Maling, Polsek Tanjung Batu Langsung ke TKP

NTT

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp 13.900

BACA JUGA:Ternyata ini Penyebab Rumah Dinas Bupati Musi Banyuasin Selalu Ramai Oleh Warga?

Pertamax Turbo Rp 15.200

Dexlite Rp 18.300

Pertamina Dex Rp 18.800

Kalimantan Barat

BACA JUGA:3 Games Ini Dapat Saldo DANA Gratis Rp60 ribu Setiap Hari

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp 14.200

Pertamax Turbo Rp 15.500

BACA JUGA:Ini Langkah Pemkot Pagaralam Tingkatkan Produktivitas Budidaya Ikan

Dexlite Rp 18.650

Pertamina Dex Rp 19.200

Kalimantan Tengah

Solar Rp6.800

BACA JUGA:Pimpin Apel Gabungan, Walikota Palembang Sampaikan Ini kepada Para Pegawai

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp 14.200

Pertamax Turbo Rp 15.500

Dexlite Rp 18.650

BACA JUGA:Pimpin Apel Gabungan, Walikota Palembang Sampaikan Ini kepada Para Pegawai

Pertamina Dex Rp 19.200

Kalimantan Selatan

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

BACA JUGA:Bulan Ini Kepastian Nasib Facebook dan Instagram Donald Trump

Pertamax Rp 14.200

Pertamax Turbo Rp 15.500

Dexlite Rp 18.650

Pertamina Dex Rp 19.200

BACA JUGA:Sekda Empat Lawang Ajak Kwarcab Pramuka Sukseskan 3 Agenda Besar Tahun 2023

Kalimantan Timur

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp 14.200

BACA JUGA:Usai Operasi Tangan Akibat Ledakan Petasan, Ini Kondisi Terkini Wabup Kaur

Pertamax Turbo Rp 15.500

Dexlite Rp 18.650

Pertamina Dex Rp 19.200

Kalimantan Utara

BACA JUGA:Terbaru 2023! Saldo DANA Gratis Rp100 Ribu Langsung Cair, Temani Awal Tahun Kamu

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp 14.200

Pertamax Turbo Rp 15.500

BACA JUGA:SMP Negeri 1 Lubuk Keliat Dibobol Maling, Polsek Tanjung Batu Langsung ke TKP

Dexlite Rp 18.650

Pertamina Dex Rp 19.200

Sulawesi Utara

Solar Rp6.800

BACA JUGA:3 Games Ini Dapat Saldo DANA Gratis Rp60 ribu Setiap Hari

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp 14.200

Pertamax Turbo Rp 15.500

Dexlite Rp 18.650

BACA JUGA:Ini Langkah Pemkot Pagaralam Tingkatkan Produktivitas Budidaya Ikan

Pertamina Dex Rp 19.200

Gorontalo

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

BACA JUGA:Pimpin Apel Gabungan, Walikota Palembang Sampaikan Ini kepada Para Pegawai

Pertamax Rp 14.200

Pertamax Turbo Rp 15.500

Dexlite Rp 18.650

Pertamina Dex Rp 19.200

BACA JUGA:Bulan Ini Kepastian Nasib Facebook dan Instagram Donald Trump

Sulawesi Tengah

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp14.200

BACA JUGA:Bulan Ini Kepastian Nasib Facebook dan Instagram Donald Trump

Pertamax Turbo Rp15.500

Dexlite Rp18.650

Pertamina Dex Rp19.200

Sulawesi Tenggara

BACA JUGA:Sekda Empat Lawang Ajak Kwarcab Pramuka Sukseskan 3 Agenda Besar Tahun 2023

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp14.200

Pertamax Turbo Rp15.500

BACA JUGA:Usai Operasi Tangan Akibat Ledakan Petasan, Ini Kondisi Terkini Wabup Kaur

Dexlite Rp18.650

Pertamina Dex Rp19.200

Sulawesi Selatan

Solar Rp6.800

BACA JUGA:Terbaru 2023! Saldo DANA Gratis Rp100 Ribu Langsung Cair, Temani Awal Tahun Kamu

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp14.200

Pertamax Turbo Rp15.500

Dexlite Rp18.650

BACA JUGA:Terbaru 2023! Saldo DANA Gratis Rp100 Ribu Langsung Cair, Temani Awal Tahun Kamu

Pertamina Dex Rp19.200

Sulawesi Barat

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

BACA JUGA:SMP Negeri 1 Lubuk Keliat Dibobol Maling, Polsek Tanjung Batu Langsung ke TKP

Pertamax Rp14.200

Pertamax Turbo Rp15.500

Dexlite Rp18.650

Pertamina Dex Rp19.200

BACA JUGA:Kabar Baik, Harga BBM Subsidi Bakal Turun Awal Tahun 2023, Ini Faktor Penyebabnya

Maluku

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp14.200

BACA JUGA:Tanpa Tes Fisik, 5 Sekolah Kedinasan Ini Lulus Bisa Langsung Jadi PNS

Dexlite Rp18.650

Maluku Utara

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

BACA JUGA:Pimpin Apel Gabungan, Walikota Palembang Sampaikan Ini kepada Para Pegawai

Pertamax Rp14.200

Dexlite Rp18.650

Papua

Solar Rp6.800

BACA JUGA:Terbaru 2023! Saldo DANA Gratis Rp100 Ribu Langsung Cair, Temani Awal Tahun Kamu

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp14.200

Pertamax Turbo Rp15.500

Dexlite Rp18.650

BACA JUGA:Sekda Empat Lawang Ajak Kwarcab Pramuka Sukseskan 3 Agenda Besar Tahun 2023

Papua Barat

Solar Rp6.800

Pertalite Rp10.000

Pertamax Rp14.200

BACA JUGA:SMP Negeri 1 Lubuk Keliat Dibobol Maling, Polsek Tanjung Batu Langsung ke TKP

Dexlite Rp18.650

Pertamina Dex Rp19.200.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: